Saturday, May 5, 2018

Printer DTG Macet Ketika Proses Cetak? Begini Cara Mengatasinya!




Dewasa ini untuk membuat desain kaos yang bagus dan cepat bukanlah hal yang sulit. Ada banyak sekali teknik sablon yang bisa kita temui, salah satu yang menjadi favorit adalah teknik mencetak kaos dengan printer DTG. 

DTG merupakan singkatan dari Direct To Garment. Sesuai namanya, printer DTG merupakan sebuah mesin cetak dengan metode tinta langsung ke produk garmen / kain. Singkatnya, printer DTG adalah mesin printer untuk kaos.

Namun seiring operasional printer DTG membuatnya rentan akan gangguan seperti printer DTG macet ketika proses cetak, hingga mesin tiba tiba tidak bisa dinyalakan dan akhirnya mati total.

Ketika printer DTG tiba tiba menjadi lemot atau macet jangan panik, bisa jadi ada beberapa hal yang membuat printer DTG tiba-tiba macet dan berhenti tiba-tiba. Nah berikut ini akan kita bahas apa saja penyebab printer DTG menjadi macet dan langkah penanganannya.


File Komputer Penuh

File komputer yang penuh akan membuat kerja komputer menjadi lebih berat dan membuat setiap program yang ada di komputer menjadi lambat untuk dijalankan. Keadaan ini berpengaruh juga pada pergerakan printer DTG.

Untuk mengatasinya anda perlu menghapus beberapa file yang tidak terpakai agar komputer dapat bekerja lebih ringan dan printer DTG dapat bekerja dengan baik.


Kabel Power Kendor 

Seringnya melepas-pasang kabel power pada printer DTG dapat mengakibatkan kabel menjadi kendor sehingga tingkat efektivitas dari kabel berkurang dan membuat aliran listrik tidak mengaliri mesin secara maksimal.

Agar kabel power tidak kendor hindari untuk melepas-pasang kabel agar kabel tidak mudah kendor. Selain itu ketika anda mematikan mesin cukup mematikan tombol On / Off yang terletak di bagian depan mesin.

Anda juga bisa mencabut kabel di bagian terminal yang menyambungkan listrik tanpa perlu mencabut kabel power yang terhubung pada printer DTG.


Encoder Strip Kotor

Encoder strip yang kotor akan mengganggu jalannya head printer karena kotoran yang menumpuk membuat sensor tidak bisa terbaca dan mengganggu jalannya head printer sehingga head print tidak bisa bergerak dengan maskimal.

Agar pergerakan head print lancar anda perlu membersihkan encoder strip menggunakan tisu kering. Hindari menggunakan cairan cleaner atau bahan cair yang lain karena sensor akan rusak jika terkena air dan cipratan tinta.


Ass Printhead Berat

Banyaknya kotoran dan cipratan tinta yang menempel pada ass printhead dapat membuat ass printhead menjadi berat sehingga membuat proses cetak menjadi tersendat dan lemot.

Gunakan silicon grease agar kotoran dan cipratan tinta yang menempel pada ass printhead dapat dibersihkan dan proses cetak dapat berlangsung dengan normal. Jangan terlalu banyak menggunakan silicon grease, cukup gunakan tipis saja. 


Kabel USB Terlalu Panjang

Selain kabel power ada juga kabel USB yang menghubungkan komputer dengan printer DTG sehingga perintah dari komputer dapat ditangkap oleh printer DTG dan printer pun melakukan perintah cetak.

Namun jika anda memakai kabel USB yang ukurannya terlalu panjang akan membuat transfer file ke printer menjadi lebih lama. Gunakan kabel USB dengan ukuran standard printer agar file dapat langsung dibaca oleh printer.


Perlu Mengganti CR Motor

CR motor atau dinamo adalah salah satu bagian printer DTG yang berfungsi sebagai penggerak head print yang dihubungkan melalui timing belt. Jadi pergerakan headprint ditentukan oleh keadaan CR motor.

Jika CR motor sudah aus maka harus diganti dengan yang baru agar headprint dapat bergerak normal dan proses cetak dapat berlangsung dengan baik. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tutorial cara mengganti CR motor DISINI


Penting sekali untuk melakukan perawatan dan menjaga kebersihan printer DTG agar printer tetap awet, tahan lama, dan dapat mencetak dengan baik.

Nah itu tadi beberapa penyebab printer menjadi macet dan cara menanganinya. Jika anda sudah menangani printer DTG dengan benar namun printer masih mengalami gangguan dan macet, anda bisa langsung menghubungi teknisi untuk penanganan lebih lanjut.






*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com