Monday, May 7, 2018

Menyemprotkan Oli Pada Mesin Cutting Sticker, Bolehkah?



Beberapa hari yang lalu saya tidak sengaja mendengar ada beberapa pengguna mesin cutting sticker yang menggunakan oli untuk membersihkan beberapa bagian mesin cutting sticker.

Namun ada beberapa pengguna lain yang tidak setuju dan menganggap bahwa menyemprotkan oli pada mesin cutting sticker merupakan hal yang berbahaya dan dapat merusak komponen yang ada di dalam mesin cutting sticker.

Lalu sebenarnya bolehkah menyemprotkan oli pada mesin cutting sticker? apa akibatnya jika mesin cutting sticker disemprot oli? berikut pembahasannya.

Oli merupakan zat aditif yang sangat berkaitan erat dengan mesin mobil atau motor. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga dapat berfungsi untuk melapisi mesin agar komponen mesin tidak rusak akibat gesekan.

Oli mesin dan oli pada umumnya bisa dibuat dari 2 macam bahan dasar oli (basestock), yaitu dari minyak mentah (mineral oil) atau minyak sintetik (synthetic oil). 

Sebenarnya menyemprotkan oli pada mesin cutting sticker tidak boleh dilakukan. Karena justru membuat komponen mesin mengalami kerusakan karena tidak cocok dengan komposisi oli. 

Jika mesin cutting sticker anda sedang mengalami gangguan terutama di bagian penjepit bahan yang bisa digeser-geser dan pada bagian bawah bahan yang berputar putar tepat di poros kiri dan kanan, jangan gunakan oli untuk melapisi bagian tersebut.

Cara mengatasinya adalah bersihkan mesin cutting anda secara rutin terutama setelah pemakaian agar sisa sisa potongan tidak menempel pada mesin dan membuat proses potong terhambat sehingga hasil potong berikutnya tidak maksimal.

Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan cairan cleaner. Caranya anda cukup memberikan sedikit cairan cleaner lalu bersihkan mesin cutting anda. Jangan lupa untuk mengeringkan bagian mesin yang diberi cairan cleaner agar mesin tidak mengalami korsleting ketika digunakan.

Anda juga bisa menggunakan silicon grease untuk membersihkan bagian mesin yang sering bergeser agar silicon grease dapat melapisi komponen mesin sehingga komponen mesin tidak rusak ketika bergesekan.

Nah untuk anda yang masih sering menggunakan oli untuk membersihkan mesin cutting anda, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut dan beralih menggunakan bahan yang lebih aman untuk mesin anda. Semoga bermanfaat :)




*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com